TIPS MENYEDUH KOPI DENGAN AEROPRESS

Banyak metode yang bisa kamu gunakan untuk menyeduh kopi favorit kamu. Salah satunya dengan Aeropress. Aeropress adalah sebuah alat seduh kopi manual yang diciptakan oleh orang berkebangsaan Amerika yang bernama Alan Adler pada tahun 2005. Aeropress di klaim bisa menghasilkan kopi sepekat espresso, sesuai dengan tagline yang ‘dikemas’ di mereknya, Aeropress “coffee and espresso maker”.
Aeropress menjadi alat seduh yang cocok digunakan untuk membuat kopi dengan cepat dan menghasilkan kopi ‘sekuat’ espresso. Selain itu, alat ini juga mudah dibersihkan. Mungkin kekurangannya, alat ini tidak cocok apabila kamu mau buat kopi dalam jumlah yang banyak. Berikut tips cara menyeduk kopi dengan Aeropress:

Yang diperlukan:
• Aeropress
• Aeropress Paper Filters
• Grinder kopi
• Biji atau bubuk kopi favorit kamu
• Timbangan/scale atau sendok takaran kopi
• Kettle
• Gelas atau Mug kopi

Cara membuat:

Source

1. Panaskan air
Panaskan air sampai kurang lebih 85 derajat celcius

2. Grind biji kopi
Selagi nunggu air panas, grind/giling biji kopi sedikit halus sekitar 20 gram (gunakan timbangan atau sendok takar kopi). Banyaknya biji kopi yang digunakan bisa juga sesuai dengan selera Anda.

3. Set up Aeropress
Masukkan kertas filter ke dalam filter cap kemudian dibilas dengan air panas terlebih dahulu. Selanjutnya pasangkan ke chamber Aeropress dan langsung diletakkan diatas mug.

4. Aduk dan angkat
Ketika air sudah panas, letakkan bubuk kopi ke dalam chamber aeropress. Tuang air panas sekitar 200 ml (semakin sedikit air, rasa kopi semakin pekat) setelah itu aduk sekitar 10 detik atau 20 kali (menggunakan alat pengaduk yang ada dalam 1 paket aeropress).

5. Tekan
Setelah diaduk, tunggu sekitar 30 detik, kemudian tekan plunger dengan tangan secara perlahan. Semakin halus gilingan kopi, semakin berat menekannya, jangan terlalu lama ditekan.

6. Kopi siap disajikan
Setelah plunger telah ditekan sampai ujung, cabut plunger. Kopi pun sudah siap untuk diminum.

Untuk peralatan manual brewing dapat dipesan di Coffeeland Indonesia. kami juga menyediakan Arabika Aceh Gayo SpecialtyArabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani SpecialtyArabika Flores Specialty, Arabika Java SpecialtyArabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, dan Arabika Toraja Specialty.. Kemasan mulai 250gr, 500gr dan 1Kg.

 

 

Source: 1

Leave a Reply