WINE COFFEE : KOPI DENGAN SENSASI RASA ANGGUR

Wine coffee, jika mendengar namanya mungkin akan teringat pada wine yang merupakan jenis minuman beralkohol yang terbuat dari anggur. Dan benar pada varian kopi ini memang memuat rasa wine di dalamnya. Lalu, apakah wine coffee ini halal?

Kendatipun namanya mengarah ke minuman beralkohol, wine coffee ternyata halal untuk dikonsumsi, karena memang dalam proses pembuatannya, tidak ada kandungan alkohol sedikitpun. Rasa anggur didapatkan melalui proses fermentasi yang dilakukan secara alami, yakni melalui penjemuran langsung dibawah terik matahari.

Untuk membuat wine coffee inipun juga tidak semudah yang dibayangkan dan bahan dasarnya juga harus berasal dari buah kopi yang berkualitas tinggi. Pada umumnya di Indonesia, buah kopi yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan wine coffee adalah Kopi Arabika Gayo dan Kopi Robusta Lampung.

Kedua jenis kopi ini menjadi favorit untuk bahan baku wine coffee karena memang kualitasnya yang sangat baik, dengan kandungan rasa buah kopi yang lebih enak dan manis. Rasa buah kopi inilah yang sangat dibutuhkan untuk membentuk rasa wine coffee yang sempurna.

 

Processing Wine Coffee

Wine coffee merupakan hasil fermentasi alami dan prosesnya tentu tidak sembarangan. Kopi yang tumbuh di ketinggian 1500 meter memiliki waktu panen yang berbeda dengan kopi yang tumbuh lebih rendah. Saat panen pun jumlah buah tidak sebanyak kopi lainnya. Biasanya biji kopi dipisahkan dahulu dengan kulitnya kemudian dijemur. Namun untuk varian jenis ini, kopi dijemur bersama dengan kulitnya yang lebih tebal selama kurang lebih 60 hari, bahkan ada yang sampai 145 hari, sampai benar-benar kering. Getah yang terkandung di dalam kulit kopi inilah yang diserap ke dalam biji kopi selama proses fermentasi. Kopi Arabica yang memang memiliki kadar asam yang lebih tinggi menjadi lebih asam karena penyerapan getah tersebut sehingga rasa kopi yang dihasilkan pun mirip seperti wine, hasil fermentasi anggur.

Setelah kering kopi tersebut akan dipisahkan dengan kulitnya. Proses ini juga perlu hati-hati, karena jika kulit pecah bersama dengan biji kopi, maka dapat dikatakan tidak layak untuk dijual. Dari sini dapat dibayangkan bagaimana harga Varian wine dengan proses Natural karena prosesnya yang rumit. Haraga untuk wine coffee dalam bentuk green bean rata-rata di pasar adalah Rp 500.000, sedangkan yang sudah melalui proses roasting atau grinding halus, harganya dapat mencapai Rp 700.000 hingga Rp 1.000.000.

Untuk Pemesanan, Coffeeland menyediakan  Kopi Arabika asli Indonesia,  Arabika Aceh Gayo Specialty, Arabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani Specialty, Arabika Flores Specialty, Arabika Java Specialty, Arabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, Arabika Toraja Specialty, dan Arabika Blue Korintji. Kemasan mulai 250gr, 500gr dan 1Kg. Kami juga menyediakan mesin espresso, grinder, perlengkapan manual brewing, dan berbagai produk pembersih dan perawatan mesin kopi dan grinder untuk anda.

Anda pun bisa menjadi mitra kami. Karena Coffeeland Indonesia menyediakan seluruh kebutuhan Coffee Shop / Kedai Kopi. Anda hanya perlu menyediakan lokasi dan biaya awal paket usaha mulai dari 75,5 juta hingga 123,5  juta. Biaya ini akan digunakan untuk membeli peralatan, pembelian bahan baku, biaya pelatihan karyawan, hingga membantu proses pemasaran. Anda dipersilahkan untuk menggunakan brand milik Anda sendiri dan tidak dibebani oleh biaya royalti/fee apapun. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian paket Kedai Kopi, silahkan hubungi Tim Marketing kami, silahkan hubungi via What’s App >> Silahkan Klik : 

Source: 1, 2.

 

 

Leave a Reply