TAK HANYA BIJINYA, DAUN KOPI JUGA BANYAK MANFAATNYA

Bagi Anda penikmat kopi mungkin tidak pernah terpikirkan bagi anda bahwa selain bijinya, daun kopi ternyata juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan minuman yang penuh dengan manfaat.  Daun kopi (Daun Kawa) merupakan bagian dari tumbuhan kopi yang jarang dimanfaatkan dan terkadang hanya menjadi limbah. Pada zaman dahulu sampai sekarang, daun kawa dibuat menjadi minuman. Di Indonesia sejak zaman penjajahan Belanda terutama di Tanah Datar, Sumatera Barat, minuman tersebut biasa disebut dengan kawa daun.

Cara pembuatan kawa daun pun tergolong mudah, sederhana, dan masih berciri tradisional. Proses ini diawali dengan mengeringkan daun-daun kopi lokal dengan cara disangrai diatas perapian selama kurang lebih 12 jam. Tahap pengeringan ini memang termasuk tahap yang paling memakan waktu. Berikutnya, daun kopi yang telah mengering dicampur dengan air dingin dan diseduh sampai mendidih. Kawa daun yang telah matang tidak diminum didalam gelas seperti yang biasa warga metropolitan lakukan, melainkan dituang ke dalam wadah tempurung kelapa.

Selain aroma dan rasanya yang nikmat dan segar ketika dijadikan minuman, kawa daun ternyata juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Pada tahun 2014, penelitian di Inggris menemukan bahwa air kawa daun ini ternyata lebih sehat ketimbang teh dan kopi biasanya. Menurut para ilmuwan dari Royal Botanic Gardens  di Kew London, dan Joint Research Unit for Crop Diversity, Adaptation and Development  di Montpellier, kawa daun mengandung senyawa yang bermanfaat mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes seperti Antioksidan.

Banyak masyarakat yang percaya, kalau dengan meminum daun kopi ini dapat berkhasiat untuk mengobati sakit maag, dan juga bisa untuk beberapa penyakit lainnya, yang diantaranya:

  1. Menghancurkan radikal bebas

Kawa daun memiliki kadar antioksidan 17% lebih banyak dari pada teh hijau sekalipun. Ini sangat baik untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

  1. Anti-Inflamasi

Mangiferin yang sangat tinggi dari kawa daun bersifat antiinflamasi dan bisa membantu meringankan rasa sakit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda.

  1. Menekan Diabetes

 Kawa daun telah bermanfaat untuk menurunkan kadar insulin dan mencegah diabetes. Dengan mengkonsumsinya anda bisa menyeimbangkan gula darah anda tanpa menaikkan detak jantung .

  1. Menurunkan risiko penyakit jantung

Kawa daun dapat mencegah masalah kardiovaskular dan penyakit jantung. Hal ini karena tingginya tingkat mangiferin dapat menurunkan tekanan darah.

  1. Melancarkan Saluran Pernafasan

Kawa daun ini dapat melancarkan saluran pernafasan bagi penderita sesak nafas. Cara ini sering dilakukan dengan cara mencampurair seduhan daun kopi dengan jahe.

Di kalangan peneliti dan ahli nutrisi di Eropa, setelah menganalisis 23 spesies tanaman kopi mereka menemukan banyak manfaat kesehatan di dalam daun kopi, salah satunya kandungan anti oksidan pada daun kopi ternyata lebih tinggi dari teh hitam dan teh hijau. Bahkan menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal ilmiah Annals of Botany, menunjukkan bahwa daun kopi mengandung antioksidan paling tinggi. Lebih tinggi daripada yang ditemukan dalam teh atau kopi tradisional. Bahkan diketahui mangiferin yang dikandungnya berkhasiat sebagai anti-inflamasi, yang dapat mengurangi risiko diabetes, kolestrerol darah, hipertensi dan melindungi neuron di otak.

Anda tertarik untuk mencoba keunikan ini dan rasa baru dari mencicipi kopi? Apabila anda berkunjung ke Ranah Minang, ada baiknya jika anda menyempatkan diri untuk mampir ke salah satu kedai-kedai kopi untuk menikmati kawa daun.

 

Source:

1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8