ALERGI TERHADAP KOPI: KENALI GEJALA DAN CARA MENGOBATINYA

Source

Bagi sebagian orang, kopi seperti sudah menjadi semacam ‘amunisi’ untuk mengusir rasa kantuk, menyegarkan pikiran, menambah tenaga, dan meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, kopi juga diklaim membantu menurunkan berat badan. Di balik manfaat kopi tersebut, siapa sangka ternyata kopi bisa menyebabkan alergi! Mengapa seseorang bisa alergi dengan kopi?

Alergi terhadap kopi memang menjadi kasus yang cukup langka, Alergi kopi adalah kondisi di mana seseorang mengalami reaksi alergi pasca dirinya menenggak minuman kopi. Reaksi alergi ini karena adanya respons atipikal sistem kekebalan tubuh terhadap senyawa yang terkandung dalam kopi. Akibat hal itu, sistem imun mendeteksi senyawa kopi sebagai sebuah ancaman sehingga langsung melakukan perlawanan yang kemudian memicu reaksi alergi.

Sama seperti reaksi alergi pada umumnya, alergi kopi bisa muncul baik sesaat maupun beberapa jam setelah pengidapnya meminum kopi, tergantung dari seberapa cepat respons sistem imun tubuh masing-masing orang.

 

 

 

Penyebab alergi kopi

Penyebab alergi kopi adalah respons berlebihan dari tubuh, khususnya sistem kekebalan tubuh, terhadap kandungan kopi seperti kafein dan lain-lain. Sistem imun mendeteksi senyawa kopi layaknya virus atau mikroorganisme berbahaya, sehingga yang dilakukan kemudian adalah membentuk zat antibodi immunoglobulin E guna melawannya.

Aktivitas perlawanan immunoglobulin E terhadap senyawa alergen pada kopi ini kemudian memicu tubuh melepaskan senyawa histamin yang ditandai oleh timbulnya reaksi alergi. Respons atipikal sistem imun terhadap kopi mungkin saja juga dipengaruhi oleh kecenderungan alergi terhadap jenis makanan lain, meskipun hal ini tidak serta merta dapat dijadikan patokan.

Alergi kopi berbeda dengan sesitivitas terhadap kopi

Alergi kopi dan sensitivitas terhadap kopi merupakan dua hal yang bertolak belakang. Sensitivitas terhadap kafein mengacu pada masalah pencernaan, karena lambung

Sementara itu, alergi kopi pada dasarnya masih termasuk ke dalam alergi makanan. Alergi makanan disebabkan oleh sistem imun yang bereaksi secara abnormal terhadap sesuatu yang anda makan atau minum, karena tubuh anda menganggapnya sebagai ancaman.

Reaksi alergi makanan dapat memengaruhi kulit, saluran pencernaan, hingga sistem pernapasan atau kardiovaskular. Gejala alergi kafein ini bisa muncul dalam waktu satu jam setelah mengonsumsi kopi, meliputi:

  • Kulit mengalami ruam dan benjolan merah yang terasa gatal
  • Pembengkakan di bibir dan lidah
  • Mulut, bibir, dan lidah terasa gatal
  • Keram perut
  • Diare

Alergi makanan dapat sangat berbahaya jika tidak cepat ditangani. Reaksi alergi bisa berkembang menjadi syok anafilaktik yang berpotensi mengancam nyawa. Adapun gejala syok anafilaktik meliputi:

  • Bengkak wajah yang parah termasuk mata,bibir, wajah, dan lidah.
  • Kesulitan bernapas
  • Kesulitan bicara
  • Suara mengi (napas bunyi “ngik-ngik” karena penyempitan saluran napas)
  • Batuk
  • Sakit perut, mual, muntah
  • Peningkatan detak jantung
  • Pusing atau pingsan

Diagnosis alergi pada kopi

Jika gejala yang timbul termasuk ruam kulit dan masalah pernapasan, kemungkinan besar dokter dapat memastikan keluhan anda adalah tanda alergi.

Namun seperti kebanyakan alergi lainnya, dokter akan melakukan tes kulit untuk mendiagnosis alergi. Dokter akan menaruh sedikit alergen pada lengan anda dan melihat apakah ada reaksi yang dihasilkan setidaknya dalam kurun waktu 24 jam.

Pengobatan untuk alergi kopi

Beda dengan sensitivitas kopi yang tidak membutuhkan pengobatan khusus, alergi dapat diobati dengan obat antihistamin untuk membantu mengurangi gatal serta pembengkakan.

Pada kasus yang sangat jarang, seseorang yang alergi kopi parah dan rentan mengalami syok anafilaktik dapat diberikan suntik epinephrine (adrenalin).

Jika anda, keluarga, atau teman mengalami tanda-tanda syok anafilaktik, segera datangi rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan medis darurat.

Cara mencegah alergi kopi

Menahan diri untuk mengonsumsi kopi adalah cara mencegah alergi kopi satu-satunya yang bisa dilakukan, mengingat alergi adalah suatu gangguan kesehatan yang hingga saat ini belum ditemukan cara untuk benar-benar menghilangkannya.

Jika Anda alergi terhadap kopi tetapi ingin tetap bugar dan fokus tanpa stimulan tambahan dari luar, maka Anda perlu melakukan hal-hal seperti:

  • Minum banyak air
  • Cukup tidur
  • Mengonsumsi makanan sehat
  • Beristirahat sejenak dari pekerjaan
  • Berjalan-jalan santai dan menghirup udara segar saat jam makan siang kantor
  • Mengonsumsi suplemen vitamin yang bisa meningkatkan energi. Konsultasikan ke dokter untuk memilih suplemen yang cocok bagi tubuh anda.

Source: 1, 2.

Leave a Reply