BERBAGAI FAKTA UNIK SEPUTAR KOPI NUSANTARA

Kepopuleran kopi sebagai minuman memang tidak perlu diragukan lagi. Begitu pula dengan kopi asal Indonesia yang semakin diminati. Budaya ngopi yang berkembang amat luas di dalam kehidupan sehari-hari orang Indonesia, dan status kopi sebagai salah satu komoditas ekonomi unggulan Indonesia, ternyata menyimpan fakta-fakta unik di baliknya. Apa sajakah itu? Simak penjelasan selengkapnya dibawah ini:

Kopi pertama kali dibawa ke Indonesia pada tahun 1696

Sejarah kopi di Indonesia dimulai pada tahun 1696 ketika Belanda membawa kopi dari Malabar, India, ke Jawa. Mereka membudidayakan tanaman kopi tersebut di Kedawung, sebuah perkebunan yang terletak dekat Batavia.

Arabika jenis kopi yang pertama ditanam di Indonesia

Pada saat itu, Belanda atas nama VOC (Vereenigde Oostindische Compagnie) mendarat di Jawa membawa kopi dari Malabar, India. Kopi yang pertama kali dibawa itu merupakan jenis arabika.Belanda berusaha membudidayakan tanaman kopi tersebut di Batavia, tapi gagal karena gempa dan banjir. Mereka tidak menyerah dan mendatangkan kembali bibit-bibit baru yakni robusta dan liberica. Perkembangan budidaya yang cepat membuat Belanda membuka ladang-ladang baru di Sumatera, Sulawesi, Bali, Timor, dan pulau-pulau lainnya di Hindia Belanda yang saat ini dikenal sebagai Indonesia

Awalnya semua kopi Indonesia disebut Java Coffee

Kopi Arabica Indonesia awalnya dikenal sebagai Java Coffee di dunia, Pada masa lalu, komoditas kopi Arabika asal Indonesia di dunia internasional dikenal sebagai “Java Coffee”. Tidak peduli apakah kopi itu dihasilkan dari Sumatera ataupun Sulawesi. Setelah kopi Robusta berkembang pesat, perlahan-lahan istilah “Java Coffee” hilang dan digantikan istilah “Kopi Indonesia” yang terbagi antara kopi robusta dan arabika.

Kopi mahal asal Indonesia ternyata bukan hanya kopi luwak

Sudah bukan rahasia lagi jika Kopi Luwak kualitas premium adalah salah satu jenis kopi termahal di dunia. Namun nyatanya ada yang lebih mahal lagi dari kopi luwak, yakni kopi dari Gunung Puntang, Kabupaten Bandung. Yang berhasil menjadi juara 1 pada ajang Specialty Coffee Association of America di Georgia, Amerika Serikat, dengan harga US$ 55 per kilogram atau setara Rp715 ribu. Kopi ini dianggap terbaik karena penanaman dan pemeliharaannya tanpa menggunakan pupuk kimia.

Terkait kopi lokal, Coffeeland Indonesia Coffeeland menyediakan kopi asli Indonesia, diantaranya Arabika Aceh Gayo Specialty, Arabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani Specialty, Arabika Flores Specialty, Arabika Java Specialty, Arabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, Arabika Toraja Specialty, dan Arabika Blue Korintji. Kemasan mulai 250gr, 500gr dan 1Kg. Kami juga menyediakan mesin espresso, grinder, perlengkapan manual brewing, dan berbagai produk pembersih dan perawatan mesin kopi dan grinder untuk anda.

Anda pun bisa menjadi mitra kami. Karena Coffeeland Indonesia menyediakan seluruh kebutuhan Coffee Shop / Kedai Kopi. Anda hanya perlu menyediakan lokasi dan biaya awal paket usaha mulai dari 75,5 juta hingga 123,5  juta. Biaya ini akan digunakan untuk membeli peralatan, pembelian bahan baku, biaya pelatihan karyawan, hingga membantu proses pemasaran. Anda dipersilahkan untuk menggunakan brand milik Anda sendiri dan tidak dibebani oleh biaya royalti/fee apapun. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian paket Kedai Kopi, silahkan hubungi Tim Marketing kami, silahkan hubungi via What’s App >> Silahkan Klik :

  

Source: 1

Leave a Reply

WhatsApp chat