fbpx

Make Your Own Coffee Shop

MENGENAL LEBIH DEKAT PROFESI BARISTA

MENGENAL LEBIH DEKAT PROFESI BARISTA

MENGENAL LEBIH DEKAT PROFESI BARISTA

 

Saat berkunjung ke coffee shop, biasanya Anda akan menemukan seorang barista yang membuat racikan menu kopi istimewa dengan equipment lengkap dibalik meja coffee bar. Barista merupakan ‘seniman kopi’ yang punya pengetahuan tentang kopi dan juga bisa membuat, menghias, dan menyajikan kopi untuk pelanggan. Salah satu kemampuan khusus seorang Barista adalah membuat Latte Art. 

Tugas Dan Tanggung Jawab Seorang Barista

Bukan hanya membuat sajian kopi saja, seorang barista tak hanya membuat kopi saja, tugas dan tanggung jawab lainnya. Berikut ini adalah tugas dan tanggung jawab seorang barista:

  • Menyiapkan dan menyajikan kopi

Tugas barista yang pertama, ialah membuat serta menyajikan kopi yang kepada para pelanggan. Tak hanya kopi saja, tapi semua jenis minuman yang ada pada daftar menu. Hal ini karena ada juga coffee shop yang menyediakan menu non kopi seperti diantaranya cokelat, green tea, teh tarik, thai tea, dan lain sebagainya.

  • Merawat dan Membersihkan Mesin Espresso

Selain harus dapat mengoperasikan mesin espresso, seorang barista juga bertanggung jawab dalam merawat serta menjaga kebersihan dari mesinnya. Membersihkan mesin espresso sendiri memiliki caranya tersendiri agar mesin tetap dapat bersih, kemudian bisa beroperasi dengan baik dan tidak rusak.

  • Menjaga kebersihan coffee shop

Kebersihan coffee shop juga dapat menjadi bagian dari tugas seorang barista. Coffee shop yang bersih serta rapi akan membuat para pelanggan menjadi nyaman dan memiliki keinginan untuk datang lagi. Kebersihan coffee shop yang perlu dijaga diantaranya adalah pada area makan seperti meja makan, area kasir, kitchen, dan lain sebagainya.

  • Menerima dan melayani pesanan pelanggan

Kalau ke coffee shop, Anda juga dapat melihat dari jumlah karyawan yang biasanya hanya 2-3 orang aja. Oleh sebab itu, barista juga bertugas dalam menerima dan melayani pesanan pelanggan. Tak hanya itu, seorang barista juga bertugas menerima dan memproses pembayaran pelanggan. Jadi, seorang barista harus memiliki sikap yang ramah dan mampu mengoperasikan mesin kasir.

  • Menjelaskan dan menyarankan menu untuk pelanggan

Pelanggan yang datang ke coffee shop tentunya beragam. Ada yang sudah terbiasa minum kopi serta tahu apa yang akan dipesan. Tapi, ada juga pelanggan yang masih sangat awam tentang kopi dan masih bingung harus memesan apa. Seorang barista kemudian bertugas menjelaskan serta merekomendasikan menu kepada para pelanggannya.

 

Skill Yang Wajib Dimiliki Seorang Barista

Berikut merupakan beberapa skill yang harus dimiliki seorang barista:

  • Pengetahuan tentang kopi

Barista harus punya technical skill dan juga pengetahuan tentang kopi. Ada banyak hal yang harus diketahui seorang Barista tentang kopi. Seperti, mengetahui jenis-jenis kopi beserta perbedaan cita rasa dan karakteristiknya, perbedaan tingkatan roasting biji kopi yang digunakan, ukuran gilingan biji kopi, suhu yang tepat untuk seduh kopi, cara steaming susu yang benar, metode seduh kopi, dan lainnya.

Dengan pengetahuan dasar tentang kopi dan technical skill yang baik, seorang barista dapat bekerja dengan baik dan menyajikan kopi dengan keseimbangan rasa yang pas.

  • Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik

Selain pengetahuan tentang kopi, seorang barista juga harus punya kemampuan komunikasi yang baik. Barista harus bisa menerima dan menyampaikan informasi dengan baik kepada pelanggan. Misalnya, bisa menerima pesanan pelanggan dengan baik, dan bisa menyampaikan informasi tentang produk (minuman, makanan), merekomendasikan menu, menyampaikan promo atau diskon dan informasi lain yang berhubungan dengan coffee shop.

Kemampuan komunikasi ini juga tidak berlaku hanya dengan konsumen saja, tapi juga dengan sesama rekan kerja. Ini penting untuk menghindari miskomunikasi dan menciptakan suasana kerja yang kondusif.

  • Dapat bekerja sama (Teamwork)

Ketika memasuki jam sibuk untuk kedai kopi, ada banyak tugas yang harus dikerjakan. Mulai dari, banyaknya pesanan masuk, meja yang harus dibersihkan, pembayaran yang harus diproses, dan lainnya. Agar kondisi seperti ini tetap kondusif, diperlukan kemampuan kerja sama tim yang baik agar kepuasan pelanggan bisa terpenuhi. Kerja sama tim ini bisa dilakukan dengan cara membagi tugas dengan karyawan lainnya.

  • Multitasking

Multitasking adalah keterampilan yang memungkinkan seorang Barista untuk bisa menangani beberapa tugas sekaligus. Hal ini seringkali diperlukan di kedai kopi terutama saat memasuki jam-jam sibuk. Seorang barista dituntut untuk menyelesaikan semua tugas dengan cepat dan tepat. Pada jam sibuk, seorang barista bisa saja harus menerima pesanan, menerima pembayaran, mengoperasikan mesin kasir, mengantarkan pesanan, dan lainnya secara bersamaan. Karena itu kemampuan multitasking dan fokus sangat diperlukan seorang barista.

  • Attention to detail

Memperhatikan hal detail memungkinkan seorang barista untuk membuat sedikit kesalahan dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Contohnya dengan mengingat pesanan pelanggan, membuat pesanan dengan benar, membersihkan mesin espresso dengan teliti, memahami pesanan khusus pelanggan, menyajikan pesanan sesuai urutan pesanan masuk, dan lainnya.

  • Customer service skills

Customer service skills adalah keterampilan pelayanan pelanggan. Menurut Kotler dan Keller (2007), kualitas pelayanan memengaruhi kepuasan pelanggan yang bisa meningkatkan minat beli atau menggunakan kembali produk. Jadi semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan barista kepada pelanggan dapat meningkatkan kemungkinan pelanggan untuk datang lagi ke coffee shop.

Keterampilan ini mencakup: bersikap ramah dan sopan kepada pelanggan, membantu pelanggan, memahami keinginan pelanggan, tersenyum, dan mendengarkan pelanggan (saran, kritik, masukan, harapan).

Demikian adalah beberapa pembahasan mengenai barista yang dapat kami sampaikan.

Coffeland Indonesia memberikan pelatihan Barista khusus untuk mitrayang melakukan pembelian Paket Kemitraan Coffeeland Indonesia. Dengan membeli paket kemitaan Coffeeland Indonesia, Anda akan mendapatkan materi training lengkap seperti:

  • History Of Coffee
  • Pengetahuan Dasar Tentang Kopi
  • Coffee Cupping
  • Hospitality
  • SOP Barista
  • Pengenalan Barista Equipment
  • Cara Mengoperasikan dan Perawatan Equipment
  • Pelatihan Pembuatan Menu
  • Dan Digital Marketing
 

Anda pun bisa menjadi mitra kami. Karena Coffeeland Indonesia menyediakan seluruh kebutuhan Coffee Shop / Kedai Kopi Anda hanya perlu menyediakan lokasi dan biaya awal paket usaha mulai dari 86 juta hingga 133,5  juta. Biaya ini akan digunakan untuk membeli peralatan, pembelian bahan baku, biaya pelatihan karyawan, hingga membantu proses pemasaran. Anda dipersilahkan untuk menggunakan brand milik Anda sendiri dan tidak dibebani oleh biaya royalti/fee apapun. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian paket Kedai Kopi, silahkan hubungi Tim Marketing kami, silahkan hubungi via Whatsapp.