NGOPI NIKMAT DIRUMAH, PERHATIKAN 4 HAL INI!

Seduh kopi di rumah memang harus dijalani sebagian besar penikmat kopi di masa pandemi yang panjang ini. Meskipun pemerintah telah menerepkan masa “new normal”, namun sebagian orang masih menjalankan kegiatannya di rumah salah satunya menikmati kopi.

Menyeduh kopi dirumah bukan perkara mudah, jika anda ingin menghasilkan kopi yang nikmat dan enak, maka saat menyeduh kopi perlu memperhatikan proses penyeduhan kopi. Di mana kenikmatan dan

kesegaran kopi memang sangat dipengaruhi oleh cara penyeduhannya. Oleh karena itu, penting untuk anda mengetahui 4 hal ini saat akan menyeduh kopi di rumah. Apakah saja itu? simak selengkapnya dibawah ini:

Hindari memakai biji kopi yang telah disimpan lebih dari 2 bulan

Hal pertama yang paling diperhatikan adalah biji kopi yang akan digunakan untuk menyeduh. Secara ideal, biji kopi yang akan anda gunakan harus biji kopi yang masih fresh dari tempat roasting (sangrai). Jangan gunakan biji kopi sangrai yang sudah mendekam lebih dari 2 bulan. Sebelum menyeduh, cium dahulu aroma bubuk kopinya. Jika aroma kopi masih tajam dan tidak tengik, tandanya masih baik untuk di seduh. Dengan cara ini, seduhan kopi yang nanti dihasilkan akan lebih segar, beraroma dan mengeluarkan karakter terbaiknya.

Perhatikan suhu air yang digunakan

Salah satu kunci menghasilkan kopi yang nikmat adalah penggunaan suhu air yang tepat. Standar suhu air untuk membuat seduhan kopi berada dalam kisaran suhu antara 90-96 derajat Celcius. Pada suhu ini, kopi akan terekstrak secara optimal. Suhu yang lebih dingin akan menyebabkan rasa kopi terasa datar. Namun jika air terlalu panas, ekstraksi kopi akan berlebihan sehingga rasanya lebih pahit dan menghilangkan kualitas rasanya.

Perhatikan waktu menyeduh kopi

Agar seduhan kopi menghasilkan aroma dan rasa terbaik, tentu memerlukan waktu seduh yang tepat. Di mana kopi harus diseduh antara 20-30 detik untuk mencapai rasa yang sempurna. Apabila terlalu lama menyeduh kopi, ini memengaruhi rasa kopi. Jika menggunakan plunger pot, waktu kontak idealnya adalah antara 2-4 menit. Sementara untuk jenis kopi espresso, lama kontaknya hanya berkisar antara 20-30 detik saja.

Tentukan rasio kopi dan air

Rasio kopi merupakan titik ukur seberapa gramasi bubuk kopi dan air seduhan yang digunakan untuk saling mempengaruhi satu sama lainnya.  Perbandingan kopi dan air sangatlah penting. Jika air terlalu banyak, maka seduhan kopi akan encer. Jika takaran kopi terlalu banyak, ini bisa mengalahkan rasa dan karakter lain. Idealnya perbandingan kopi dan air panas yakni 1:15. Satu bagian kopi untuk 15 bagian air. Prinsip ini dipercaya akan mengeluarkan rasa dan karakter kopi secara optimal.

Untuk mendapatkan hasil akhir seduhan kopi yang nikmat, tergantung dengan kopi yang kita gunakan. Coffeeland Indonesia menyediakan  Kopi Arabika asli Indonesia; Arabika Aceh Gayo Specialty, Arabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani Specialty, Arabika Flores Specialty, Arabika Java Specialty, Arabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, Arabika Toraja Specialty, dan Arabika Blue Korintji. Kemasan mulai 250gr, 500gr dan 1Kg. Silahkan hubungi Tim Marketing via Whatsapp.

 

  

 

 

 

Source: today.line.me

 

 

 

 

 

Leave a Reply

WhatsApp chat