PEMILIHAN DEKORASI COFFEE SHOP

Bisnis coffee shop diprediksi akan tumbuh semakin pesat, seiring dengan meningkatnya gaya hidup masyarakat perkotaan. Karenanya, tidak salah jika anda memilih coffee shop sebagai lahan bisnis.

Salah satu yang menentukan daya tarik pelanggan adalah dekorasi cafe / coffee shop. Seperti yang kita ketahui, hanya coffee shop dengan dekorasi menawan yang sanggup memikat orang untuk datang, sekadar menyesap kopi atau berkumpul dengan kerabat. Jadi, ketika anda mendirikan cafe / coffee shop, jangan lupa untuk memerhatikan unsur dekorasi dan interior. Berikut beberapa hal yang dapat menjadi pertimbangan untuk menata ruang coffee shop anda agar lebih menarik dan nyaman:

Tampilan Dekorasi

Memadukan konsep tema ruang dengan furniture dan mesin kopi harus sangat di perhatikan, jangan sampai mis-match. Meskipun anda sudah memilih perabot yang mahal, tapi ketidakharmonisan tema maupun furnitur malah akan membuat ruangan jadi terlihat aneh dan ganjil. Alangkah lebih baik jika anda berkonsultasi dengan interior designer, untuk meminimalisir kesalahan dalam penataan.

Meja Bar dan Meja Kursi Pelanggan

Pada konsep tata ruang coffee shop, ada dua hal yang akan menjadi perhatian ketika seseorang kali pertama masuk ke ruang coffee shop diantaranya adalah meja bar dan tempat duduk pelanggan. Untuk itu, dalam pemilihan furnitur diusahakan harus selaras satu dengan yang lainnya. Selain itu, warna lantai dan cat dinding yang sesuai juga akan membuat furnitur dan meja bar terlihat menarik.

Setidaknya ada dua tipe penataan tata letak meja bar di sebuah coffee shop, antara lain:

  • Penataan meja bar di tengah ruang coffee shop

Seperti coffee shop pada umumnya, meja bar di letakan di tengah – tengah coffee shop. Meja bar seperti ini dapat dimanfaatkan juga sebagai meja untuk duduk pengunjung dengan kursi yang tinggi supaya pengunjung tetap nyaman ketika menikmati kopi. Meja bar yang berada di tengah ruangan coffee shop  seperti ini membutuhkan ruang yang luas supaya terlihat menarik .

  • Penataan meja bar dekat dengan dinding

Tipe meja bar ini tidak memerlukan ruang yang luas tapi harus memperhatikan flow ruang gerak barista. Jika anda memilik penempayan ,eja bar yang dekat dengan dinding, anda harus memperhatikan warna dinding agar terlihat selaras. Jika memiliki ruang berlebih, anda dapat menjadikan meja bar sebagai tempat duduk pengunjung untuk menikmati kopi, supaya dapat menciptakan interaksi positif antara barista dan pengunjung. Tinggi meja bar dapat disesuaikan dengan kenyaman barista ketika menyiapkan kopi.

Untuk coffee shop yang fokus menjual kopi, memajang alat kopi di meja bar adalah hal yang sangat penting, bahkan ada beberapa yang beranggapan bahwa mesin kopi adalah bagian dari interior coffee shop yang tidak dapat dipisahkan. Apalagi seperti mesin  Bezzera, selain mesin kopinya berkualitas, desain mesin Bezzera sangat istimewa dan penuh dengan daya tarik.

Selain meja bar suasana ruang coffee shop juga memegang peranan penting. Suasana ruang coffe tidak terbentuk dengan sendirinya, melaikan terbentuk dari pemilihan tata ruang. Membentuk suasanya juga harus melihat bagaimana privasi pengunjung. Bagaimana pun konsep coffee shop dan suasana yang berkembang di dalamnya, haruslah menjaga privasi untuk pengunjung lain.

Pola Area Pelangga

Bagaimana pun konsepnya, atau jika ingin menggabungkan beberapa konsep coffee shop dalam satu ruang, usahakan pola area pelanggan sangat jelas tergambar walau tidak disebutkan. Bagaimana proses pemesanan kopi, bagaimana arah masuk dan keluar, dan di mana saja tempat-tempat untuk mereka yang tidak ingin terganggu seperti ruang VIP. Penempatan meja pelanggan untuk 8 orang sangat beresiko jika diletakkan di bagian tengah ruangan, sangat lebih baik jika mendekat dengan jendela atau mendekat dengan dinding yang tidak banyak orang berlalu di sana.

Area Sudut Pandang

Sangat akan lebih menarik jika konsep semakin sederhana dan unik, namun untuk menemukan konsep yang sederhana  dan unik inilah bagian tersulitnya. Karena menentukan konsep bukan sembarangan, harus melihat bagaimana karakter pelanggan yang datang ke coffee shop. Semakin jelas konsep dan semakin sederhana, maka jelas pula arah sudut pandang yang tercipta. Apakah mengarah ke meja bar dengan pajangan alat kopi yang menarik, atau mengarah ke jendela yang menembus ruang coffee shop dengan pemandangan luar.

Semoga artikel ini menjadi wawasan bersama sebelum menentukan konsep ruang untuk coffee shop anda. Jika anda ingin memulai bisnis coffee shop, anda bisa menjadi mitra kami. Karena Coffeeland Indonesia menyediakan seluruh kebutuhan Coffee Shop / Kedai Kopi. Anda hanya perlu menyediakan lokasi dan biaya awal paket usaha mulai dari 75,5 juta hingga 123,5  juta. Biaya ini akan digunakan untuk membeli peralatan, pembelian bahan baku, biaya pelatihan karyawan, hingga membantu proses pemasaran. Anda dipersilahkan untuk menggunakan brand milik Anda sendiri dan tidak dibebani oleh biaya royalti/fee apapun. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian paket Kedai Kopi, silahkan hubungi Tim Marketing kami, silahkan hubungi via What’s App >> Silahkan Klik : 

Source: 1

 

Leave a Reply