PROFESI-PROFESI DI DUNIA PERKOPIAN

Selama ini, mungkin anda hanya menikmati sajian dari secangkir kopi tanpa mengetahui siapa saja yang terlibat di dalamnya. Dan ternyata, kopi yang sering anda nikmati sudah melewati beberapa tangan dan proses sebelum sampai ke tangan anda. Jika anda seorang pecinta kopi, sebaiknya anda harus mengetahui siapa sajakah yang memiliki peranan penting di balik sebuah kopi.

Petani Kopi

Petani kopi adalah titik awal dari rantai ‘perkopian’. Tak seperti petani lainnya, petani kopi awalnya harus memilih jenis kopi seperti apa yang akan mereka tanam: robustakah atau arabika. Selain itu petani kopi tak bisa menanam kopi di mana saja karena hanya lahan-lahan di ketinggian tertentu saja yang bisa ditanami kopi. Proses penanaman kopi juga tak semudah panennya. Ada ketelitian dan cara tertentu agar kopi bisa tumbuh dengan baik dan menghasilkan biji-biji terbaik juga.

Green Buyer

Seperti yang telah anda ketahui buyer adalah seorang pembeli, namun profesi ini tak hanya sekedar membeli biji kopi mentah (green bean) dari petani kopi, mereka memiliki tugas yang lebih dari pada itu. Green buyer biasanya akan melakukan perjalanan dari satu perkebunan kopi ke perkebunan lainnya untuk melihat kualitas green bean dari para petani. Mereka memilih biji kopi mentah terbaik, melakukan banyak sekali proses cupping untuk mendapatkan kopi yang terbaik juga. Green buyer juga akan pergi ke pelelangan kopi untuk menemukan kopi-kopi berkarater yang akan diminati atau telah dipesan oleh pembelinya. Sebelum sampai ke coffee roaster, kopi akan melalui green buyer.

Coffee Roaster

Profesi yang satu ini adalah kunci bagi kenikmatan sebuah biji kopi. Tugas coffee roaster tak mudah, dia harus benar-benar paham tentang ‘menghidupkan’ biji hijau yang mentah menjadi nikmat saat berada di atas cangkir. Coffee roaster tak hanya bertugas menyangrai green bean menjadi kecokelatan. Ada proses kimia senyawa kopi yang harus dia benar-benar pahami. Karena setiap biji kopi memiliki karakteristik unik yang harus dia ketahui. Tidak semua biji kopi lezat jika disangrai sampai ke titik medium. Tugas coffee roaster-lah untuk mengetahui kenikmatan dan ‘rasa’ seperti apa yang terkandung dalam biji-biji kopi.

Professional Cupper

Profesi ini diciptakan untuk menilai rasa kopi dengan cara objektif. Tak hanya pengetahuan kopi enak dan tidak enak seperti yang kita nilai selama ini di coffee shop, mereka menilai kopi lebih dalam lagi. Para professional cupper, taster dan judges ini kelak akan menentukan apakah kopi ini baik atau buruk. Mereka juga menganalisi kecacatan pada kopi, cup clarity, body dan karakteristik yang ada pada kopi lainnya lalu membuat penilaian secara numerik tentang kualitas kopi tersebut. Mereka menilai kopi yang kelak menentukan nasib kopi tersebut: apakah dijual atau bisa dilelang. Profesi ini adalah titik penting yang menjembatani antara petani dan pembeli yang menginginkan karakteristik kopi tertentu.

Barista

Profesi ini mungkin adalah yang paling familiar dari empat profesi di atas. Barista tak sekedar pembuat kopi yang berdiri di balik mesin espresso dan memakai apron. Barista adalah penentu apakah kopi yang diracik bisa memberi kepuasan kepada pelanggan atau tidak. Membuat kopi tidak semudah menuangkan air ke bubuk kopi. Ada ketelitian dan pemahaman serta pengalaman yang tak didapat dalam semalam. Barista haruslah paham tentang komposisi, rasa dan hal-hal yang menunjang nikmatnya sebuah minuman kopi. Tentu barista juga harus komunikatif dan mengenal lebih jauh karakteristik para pelanggan yang datang.

Sales

Dengan perkembangnya industri dan geliatnya yang semakin semarak, menjalani bisnis kopi dengan menjadi penjual segala hal yang berhubungan dengan kopi adalah sebuah peluang yang menggiurkan. Tapi untuk menjadi penjual yang berhasil, anda harus benar-benar paham apa keinginan pasar. Penjual alat-alat kopi tahu benar perkembangan industri kopi saat ini.

Seperti Coffeeland Indonesia sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang perkopian, menyediakan Kopi Arabika asli Indonesia,  Arabika Aceh Gayo Specialty, Arabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani Specialty, Arabika Flores Specialty, Arabika Java Specialty, Arabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, Arabika Toraja Specialty, dan Arabika Blue Korintji. Kemasan mulai 250gr, 500gr dan 1Kg. Kami juga menyediakan mesin espresso, grinder, perlengkapan manual brewing, dan berbagai produk pembersih dan perawatan mesin kopi dan grinder untuk anda.

Anda pun bisa menjadi mitra kami. Karena Coffeeland Indonesia menyediakan seluruh kebutuhan Coffee Shop / Kedai Kopi. Anda hanya perlu menyediakan lokasi dan biaya awal paket usaha mulai dari 78 juta hingga 125,5  juta. Biaya ini akan digunakan untuk membeli peralatan, pembelian bahan baku, biaya pelatihan karyawan, hingga membantu proses pemasaran. Anda dipersilahkan untuk menggunakan brand milik Anda sendiri dan tidak dibebani oleh biaya royalti/fee apapun. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian paket Kedai Kopi, silahkan hubungi Tim Marketing kami, silahkan hubungi via What’s App >> Silahkan Klik : 

Source: 1, 2.

Leave a Reply