RASIO PENYEDUHAN KOPIl

Pernahkan anda ingin mencoba membuat seduh manual atau manual brewing dirumah, namun tidak tau rasio yang tepat agar rasa yang dihasilkan sama seperti buatan barista di coffee shop langganan anda?

Seduh kopi adalah proses pengeluaran komponen rasa dan aroma terbaik dari partikel kopi atau yang biasa kita sebut dengan ekstraksi, yang mana ketika anda sudah memahami konsep, dan tarakaran rasio yang, maka akan semakin mudah mendapatkan citarasa sesuai dengan keinginan. Dan kali ini kami akan coba membahas mengenai rasio.

Rasio adalah perbandingan bubuk kopi dengan air yang digunakan, yang akan berpengaruh pada kekuatan/kekentalan rasa kopi yang dihasilkan, dan tergantung dari roast profile dan grind size. Rasio seduh bisa berkisar mulai 1 gram kopi berbanding 1 ml air (1:1) sampai 1 gram kopi berbanding 30 ml air (1:30). Dalam dunia specialty coffee umumnya rasio yang digunakan adalah 1 gram kopi berbanding 13-18 ml air.

Kopi dengan rasio seduhan 1:1 akan terasa lebih kuat dan pekat dibandingkan dengan rasio 1:15 (jika variabel lain tetap sama). Jika anda menyukai kopi dengan rasa lebih pekat maka bisa menggunakan rasio 1:10 – 1:12 saat menyeduh kopi.

Tidak ada standar baku untuk rasio, semuanya tergantung dari selera masing-masing. Banyak Coffee Shop menggunakan rasio 1:12 atau 1:13. Bahkan Asosiasi Kopi Spesialti Amerika (SCAA), dalam salah satu jurnal mereka, menyebut bahwa “To achieve the Golden Cup Standard, the recommended coffee-to-water ratio is 55 gram per liter, ± 10 percent” , atau dengan kata lain sekitar 1:18.

Rasio ini akan sangat menentukan rasa dari kopi. Kopi dengan rasio 1:8 pasti memilliki rasa yang lebih kental dari 1:12. Kenapa seseorang memilih menggunakan 1:10 lalu yang lain 1:12 adalah soal selera. Tidak ada yang benar atau salah.

Rasio yang umum digunakan adalah 1:17, banyak yang berpendapat bahwa rasio ini memungkinkan peluang terbaik untuk mendapatkan ekstraksi yang  ideal, proses melarutkan rasa dari bubuk kopi ke dalam air dengan kekuatan komplementer. Rasio ini sangan umum digunakan untuk metode penyeduhan secara manual dan otomatis.

Bagi anda yang tidak memiliki skala, anda bisa  menggunakan sendok makan dan ons untuk mengukur berat kopi atau air, ikuti rasio 1: 4.  1 sendok makan kopi untuk setiap 4 ons air.

Setiap penyeduhan memiliki sedikit perbedaan untuk standart rasio penyajiannya, rasio yang direkomendasikan untuk metode penyeduhan “full immersion” seperti French Press , Clever drippers , dan Syphi . Metode-metode ini membutuhkan rasio yang lebih padat, lebih kerap ke 1:15 seperti yang ditunjukkan pada diagram di bawah ini.

Source

Karena air dan kopi larut bersama lebih lama dengan metode Full Immersion dibandingkan dengan metode menetes seperti dripper otomatis atau penyeduhan, di mana air mengalir melalui bubuk kopi yang sudah digiling , ada lebih banyak waktu untuk ekstraksi yang terjadi, jadi sedikit bubuk kopi membantu menyeimbangkan rasa. Semoga informasi yang kami berikan dapat membantu anda untuk memulai eksplorasi seduhan kopi sendiri dirumah, jika ingin memulai dan mencari alat seduh, Coffeeland menyediakan  Kopi Arabika asli Indonesia,  Arabika Aceh Gayo Specialty, Arabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani Specialty, Arabika Flores Specialty, Arabika Java Specialty, Arabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, Arabika Toraja Specialty, dan Arabika Blue Korintji. Kemasan mulai 250gr, 500gr dan 1Kg. Kami juga menyediakan mesin espresso, grinder, perlengkapan manual brewing, dan berbagai produk pembersih dan perawatan mesin kopi dan grinder untuk anda.

Anda pun bisa menjadi mitra kami. Karena Coffeeland Indonesia menyediakan seluruh kebutuhan Coffee Shop / Kedai Kopi. Anda hanya perlu menyediakan lokasi dan biaya awal paket usaha mulai dari 75,5 juta hingga 123,5  juta. Biaya ini akan digunakan untuk membeli peralatan, pembelian bahan baku, biaya pelatihan karyawan, hingga membantu proses pemasaran. Anda dipersilahkan untuk menggunakan brand milik Anda sendiri dan tidak dibebani oleh biaya royalti/fee apapun. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian paket Kedai Kopi, silahkan hubungi Tim Marketing kami, silahkan hubungi via What’s App >> Silahkan Klik : 

Source: 1, 2.

Leave a Reply