fbpx

Make Your Own Coffee Shop

SOFT SKILL YANG HARUS DIMILIKI KARYAWAN COFFEE SHOP

SOFT SKILL YANG HARUS DIMILIKI KARYAWAN COFFEE SHOP

SOFT SKILL YANG HARUS DIMILIKI KARYAWAN COFFEE SHOP

 

 

Industri coffee shop merupakan salah satu industri dengan peluang kerja yang luas dan beragam. Dengan pertumbuhan bisnis yang dinamis, menjadikan beberapa posisi pekerjaan industri ini banyak di incar oleh para job seeker. 

Bekerja di industri coffee shop merupakan kesempatan yang menyenangkan. Tidak hanya itu, industri ini juga menawarkan bidang kerja yang cukup beragam, mulai dari pramusaji, juru masak, kasir, barista, perencanaan acara atau event, hingga store manager.

Nah, bagi Anda pebisnis coffee shop yang berencana merekrut karyawan, ada baiknya mengetahui beberapa soft skill yang harus dimiliki oleh calon karyawan coffee shop. 

  • Memiliki kemampuan komunikasi dan customer service yang baik

Keterampilan customer service dan komunikasi yang baik dalam industri coffee shop sangatlah penting, tidak hanya bagi pekerja front of house, tapi juga bagi keseluruhan tim. Misalnya saja, sebagai waiter / waitress, Anda dituntut untuk dapat menyambut pelanggan dengan baik. Atau sebagai store manager, sering kali Anda harus turun tangan dalam menangani keluhan dan kritik pelanggan.

Kemampuan customer service yang baik sangat didukung oleh kemampuan komunikasi yang baik. Mulai dari mempromosikan makanan, memesan, hingga berinteraksi dengan rekan kerja, semuanya membutuhkan kemampuan komunikasi yang efektif.

  • Jujur dan bertanggung jawab

Karakter ini memang sepertinya harus dimiliki oleh karyawan di setiap sektor bisnis, karena sikap jujur dan bertanggung jawab adalah penentu kesuksesan bisnis Anda.

Karyawan yang tidak jujur, pastinya akan merugikan bisnis Anda. Tidak hanya itu, kejujuran juga dapat meningkatkan hubungan antar tim karena adanya rasa nyaman dan kepuasan di tempat kerja, yang secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap peningkatan penjualan produk Anda.

  • Fokus dan detail

Setiap pekerja coffee shop harus jeli dalam memperhatikan hal-hal secara detail. Mulai dari mengingat pesanan yang spesifik hingga memastikan kebersihan seluruh peralatan yang digunakan. Semua ini dilakukan untuk memberikan pelayanan yang optimal dan menghindari hal-hal yang merugikan pelanggan.

  • Memiliki kemampuan manajemen emosi yang baik

Bekerja dalam industri coffee shop dapat membuat karyawan stres dan benar-benar frustrasi akibat keluhan pelanggan, shift kerja yang berubah-ubah, hingga kehadiran pengunjung yang sewaktu-waktu dapat membeludak.

Untuk itu diperlukan pengelolaan stres yang baik, agar dapat menghadapi setiap tantangan dan melakukan pekerjaan dengan optimal. 

  • Fleksibel dan mudah beradaptasi

Mudah beradaptasi menjadi hal penting yang harus dimiliki oleh seorang karyawan, termasuk karyawan dalam bisnis coffee shop. Mengapa demikian? Karena suasana di kedai kopi / coffee shop biasanya tidak menentu, outlet coffee shop bisa menjadi tiba-tiba ramai sewaktu-waktu, sehingga pesanan pun akan meningkat drastis. Dalam hal ini, seorang karyawan harus mampu menangani ini.

Demikian adalah beberapa soft skill yang harus dimiliki karyawan coffee shop. Semoga dengan mengetahui beberapa soft skill tersebut dapat memudahkan Anda dalam menemukan karyawan yang tepat.

 

Ingin punya usaha coffee shop dengan brand sendiri?

Yuk bermitra dengan Coffeelad Indonesia!

Dengan membeli paket usaha Coffee Shop, Anda cukup menyediakan lokasi dan karyawan yang akan di latih menjadi barista handal untuk menjalankan bisnis kedai kopi. Anda dapat menggunakan brand milik Anda sendiri dan tidak dibebani oleh biaya royalty fee / franchise fee. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian paket kemitraan, silahkan hubungi Tim Marketing melalui nomor Whatsapp 085759276367.

 

 

Source: btp.ac.id