MENGETAHUI CITARASA KOPI DENGAN UJI ORGANOLEPTIK

Organoleptik merupakan salah satu dari ragam metode dalam mengenali karakter dan cita rasa kopi. Organoleptik merupakan metode paling banyak digunakan oleh berbagai kalangan baik dari skala rumahan sampai industri kopi skala raksasa.

Source

Metode organoleptik bertumpu pada kemampuan iindra pengecap. Cara organoleptik sangat dianjurkan untuk digunakan bagi pecinta kopi ketika hendak mengenali lebih jauh karakter kopi. Dengan cara tersebut, kita bisa mengenali karakter-karakter kopi seperti:

  • Fragrance atau wewangian yang muncul ketika biji kopi digiling dan belum diseduh.
  • Aroma atau wewangian yang muncul ketika biji kopi diseduh dengan air.
  • Body atau tekstur liquid kopi ketika berada di dalam mulut menyentuh lidah dan dinding atas mulut.
  • Accidity atau karakter “asam bebuahan” yang mengantarkan kita pada berbagai karakter rasa kopi yang disesap.
  • After taste atau jejak rasa yang membuat kita terkesan ketika meminum kopi meski kita sudah tidak menyesapnya.

Dalam penilaian organoleptik, seseorang panelis (penguji) diharapkan mampu menilai sifat indrawi dari suatu produk. Umumnya yang diuji pada suatau bahan makanan dan minuman, meliputi karakteristik produk berkaitan dengan sensory profile dan consumer test tentang tanggapan respon konsumen akan suatu produk.

Pada industri kopi kualitas yang dijaga tidak hanya sekadar biji kopinya, melainkan keseluruhan proses dari kopi itu sendiri. Kualitas rasa sajian kopi, tidak hanya pelaku industri kopi yang terlibat, tetapi konsumennya juga memiliki tanggung jawab akan karakter rasa seperti apa yang diinginkan ada di pasar kopi.

Banyak sekali variabel yang harus di jaga, ketika menciptakan sajian dengan kualitas rasa yang diinginkan, apakah accidity, body, fragrance, ataupun after tastenya. Karakteristik rasa ini tercipta dengan perhitungan variabel yang tepat ketika masa penyeduhan berlangsung. Dan akhirnya, siapa yang menentukan karakter rasa yang sesuai untuk pelanggan, apakah pasar atau sebagian orang saja. Kualitas cita rasa kopi tidak begitu menarik jika tidak dapat memenuhi harapan pelanggan akan rasa dari secangkir kopi mereka.

Kualitas Roasting

Source

Mengelola kualitas roasting dari biji kopi, berangkat dari harapan pelanggan inginkan karakter rasa kopi yang spesifik, dan kemudian pada tahap raosting karakter rasa dicoba untuk dikembangkan. Maka muncullah teori roasting untuk mendapatkan karakter rasa yang lebih spesifik, untuk menjawab keinginan konsumen akan rasa kopi.

Kelola proses variabel roasting menciptakan karakter rasa yang diinginkan, salah pengelolaannya meliputi analisa kelembabab, aktifitas air, pengembangan biji kopi, perubahan warna kopi, jumlah defect biji kopi, kandungan zat padat pada biji kopi setelah diroasting, dan lain halnya. Kualitas rasa dari secangkir kopi, mengantarkan pengelolahan kualitas yang lebih mendalam pada tahap roasting.

Kualitas Biji Kopi Hijau

Source

Sebelum biji kopi diroasting, dilakukan penyortiran kualitias biji kopi baik secara fisik maupun sensorik, supaya biji kopi yang berkualitas bagus yang dapat menjalani proses pengolahan selanjutnya. Pengujian kualitas biji kopi hijau harus sangat diperhatikan.

Manajemen kualitas pada industri kopi ditiap tahapannya, bertujuan untuk menjaga konsistensi akan rasa dari kopi, sehingga memenuhi ekspektasi rasa dari pelanggan. Dari manajemen kualitas yang cukup ketat inilah, rantai industri kopi tetap berjalan untuk memenuhi kebutuhan tiap penikmat kopi dan juga pelaku industri kopi.

Seluruh alur manajemen kualitas inilah, yang kemudian menciptakan sebuah standarisasi sebuah kopi yang nikmat, banyak serangkai uji kualitas untuk menjaga konsistensi karakter rasa hingga akhirnya dipasarkan ke banyak negara.

Untuk Pemesanan, Coffeeland menyediakan mesin espresso, grinder, perlengkapan manual brewing, dan berbagai produk pembersih dan perawatan mesin kopi dan grinder untuk anda.

Kami juga menyadiakan Kopi Arabika asli Indonesia,  Arabika Aceh Gayo Specialty, Arabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani Specialty, Arabika Flores Specialty, Arabika Java Specialty, Arabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, Arabika Toraja Specialty, dan Arabika Blue Korintji. Kemasan mulai 250gr, 500gr dan 1Kg.

Anda pun bisa menjadi mitra kami. Karena Coffeeland Indonesia menyediakan seluruh kebutuhan Coffee Shop / Kedai Kopi. Anda hanya perlu menyediakan lokasi dan biaya awal paket usaha mulai dari 75,5 juta hingga 123,5  juta. Biaya ini akan digunakan untuk membeli peralatan, pembelian bahan baku, biaya pelatihan karyawan, hingga membantu proses pemasaran. Anda dipersilahkan untuk menggunakan brand milik Anda sendiri dan tidak dibebani oleh biaya royalti/fee apapun. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian paket Kedai Kopi, silahkan hubungi Tim Marketing kami, silahkan hubungi via What’s App >> Silahkan Klik : 

 

Source: 1, 2

Leave a Reply