KAREKTERISTIK ARABIKA MALABAR

 

 

Arabika Malabar berasal dari daerah pegunungan Malabar, Jawa Barat. Secara geografis Wilayah Gunung Malabar sangat cocok untuk produktifitas Kopi Arabika, karena berada pada ketinggian 1400 – 1800 mdpl, dengan suhu udara 15 – 21oC, dan memiliki curah hujan 2000 mm/tahun. Petani kopi di kawasan ini selalu memperhatikan biji-biji kopi yang mereka petik, buah kopi dipetik pada saat buah berwarna merah seluruhnya.  Sehingga rasa kopi yang dihasilkan sangat nikmat.

Petani kopi Arabika Malabar melakukan proses pasca panen dimulai dari sortasi buah kopi, pengupasan, pencucian, pengeringan sampai menghasilkan greenbeans menggunakan Standar Operasional Baku Industri dengan pengawasan terkontrol tenaga ahli. Penyimpanan biji kopi didalam gudang juga selalu dimonitor terutama kadar air dalam kopi, kelembaban, dan kebersihan gudang.

Karakteristik kopi arabika malabar terletak pada body dan acidity-nya yang sedang dengan aroma dan cita rasa yang kaya.  Didominasi dengan warna cokelat gelap, Arabika Malabar terasa seperti rempah, kacang, sedikit manis, dan terkadang ada rasa nangka.

Arabika Malabar merupakan jenis kopi yang memiliki keasaman sedang hingga tinggi. Tingkat keasaman pada kopi ini dapat di pengaruhi beberapa faktor seperti, tempat tanaman kopi tersebut tumbuh, dan juga cara pengolahan biji kopi tersebut. 

Anda dapat menggunakan metode dengan V60 atau Kalita Wave untuk menyeduh kopi arabika malabar. Metode penyeduhan yang tepat akan semakin memaksimalkan cita rasa kopi Malabar. Dalam metode manual brewing perlu juga diperhatikan komposisi yang pas antara bubuk kopi dan air. Rasionya dapat menggunakan perbandingan 1:15, yaitu 15 gr kopi dengan takaran air berkisar 225 gr.

Untuk Anda yang ingin mencoba karakteristik kopi Arabika Malabar SpecialtyCoffeeland Indonesia menyediakan Kopi Arabika asli Indonesia seperti Arabika Malabar SpecialtyArabika Mandheling Specialty, Arabika Aceh Gayo SpecialtyArabika Papua Wamena Specialty, Arabika Flores Specialty, Arabika Java SpecialtyArabika Toraja Specialty, dan Arabika Bali Kintamani Specialty. Tersedia dalam kemasan 120 gr, 250 gr, dan 1Kg. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian produk silahkan hubungi Tim Marketing kami via What’s App atau melaui E-commerce kami.