BEBERAPA FAKTOR PENYEBAB PERBEDAAN CITARASA DAN AROMA KOPI

 

Keanekaragaman Indonesia tak hanya ada pada seni budaya, bahasa atau suku saja. Kopi, sebagai salah satu komoditas ekspor terbesar negara ini juga mempunyai keanekaragaman citarasa. Setiap daerah memiliki karakteristik cita rasa kopi yang khas, yang membedakannya dengan kopi dari daerah lain.

Aroma dan rasa kopi bisa berbeda walaupun berasal dari jenis kopi yang sama, misalnya kopi berjenis arabika yang berasal dari dua daerah yang berbeda bisa memiliki citarasa dan aroma yang berbeda, begitu juga kopi jenis robusta, liberika dan lainnya. Perbedaan citarasa dan aroma kopi disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:

Karakteristik daerah asal kopi yang berbeda

Citarasa kopi sangat dipengaruhi oleh kondisi lahan perkebunannya. Seperti tingkat kesuburan / kandungan unsur hara pada tanah perkebuan kopi tersebut, tingkat ketinggian lahan di atas permukaan laut dan kelembaban lahan yang berbeda terkait banyaknya curah hujan juga mempengaruhi citarasa dan aroma kopi yang dihasilkan.

Benih yang berbeda

Perbedaan benih kopi akan menghasilkan citarasa dan aroma yang berbeda pula, misalnya benih yang didapat dengan pengembangbiakan secara generatif (biji kopi) akan memiliki citarasa seperti tanaman kopi inangnya namun bila ditanam di daerah berbeda bisa menghasilkan citarasa dan aroma yang berbeda pula.

Cara pengolahan yang berbeda

Aroma dan citarasa kopi yang diolah dengan cara kering (dry processed) akan berbeda dengan kopi yang diolah secara basah (wet processed), karena dalam pengolahan yang menggunakan suhu bertekanan tinggi atau menggunakan sistem perebusan, sedikit banyak akan menguapkan senyawa penghasil citarasa kopi. Hal ini tentunya akan berbeda dengan cara pengolahan kopi tradisional yang hanya mengandalkan penjemuran pada cahaya matahari tanpa perebusan.

Cara penyajian yang berbeda

Cara penyajian kopi memainkan peranan yang besar dalam membentuk citarasa dan aroma kopi yang berbeda, misalnya kopi yang disajikan dengan mencampur air panas ke dalam gelas akan berbeda dengan kopi yang disajikan dengan cara seduh dingin (cold brew).

Untuk pembelian produk kopi berkualitas, Coffeeland Indonesia menyadiakan Kopi Arabika asli Indonesia,  Arabika Aceh Gayo SpecialtyArabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani SpecialtyArabika Flores Specialty, Arabika Java SpecialtyArabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling,dan Arabika Toraja Specialty. Kemasan mulai 120 gr, 250 gr dan 1 Kg. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian produk silahkan hubungi Tim Marketing kami melaluinomor What’s App 087825958155 atau melaui E-commerce kami.

 

 

 

 

 

 

Source: cr1coffee.com